Kominfo-Ilmu Komunikasi FISIP Gelar Seminar Nasional di Unsyiah

Kamis 12 oktober 2017 - kementrian komunikasi dan informasi bekerjasma dengan prodi ilmu komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menggelar seminar Indonesia Goes To Digital di rang VVIP AAC Dayan Dawood Unsyiah.

Seminar Nasional bertajuk “Indoneia Goes To Digital” menghadirkan pembicara mantan KPI Aceh Said Fardauz, pakar penyiaran Hardianto Santoso, Dir Kominfo Geryantika Kurnia, dan Hamdani M Syam Dosen Komunikasi Unsyiah

Indonesia Goes To Digital merupakan kegiatan sosialisasi Kementrian komunikasi dan Informasi yang bertujuan agar masyarakat indonesia dapat beralih dari TV Analog ke TV Digital menginat banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh TV Digital.

Dalam penyiaran analog, apabila penerima semakin jauh dari stasiun pemancar, maka sinyal yang diterima akan semakin lemah, dan jika sinyal yang diterima semakin lemah, maka kualitas gambar yang dihasilkan akan semakin buruk atau bisa dikatakan akan semakin banyak noice pada gambar. Berbeda pada TV Digital, pada TV digital gambar dan suara yang dihasilkan akan tetap jernih sampai pada suatu titik dimana sinyal tidak dapat diterima lagi. artinya TV digital hanya akan menerima dua status yaitu diterima atau tidak.

Peralihan dari analog ke digital sangat penting. Karena, International (Telecomumunication Union) telah menetapkan batas waktu untuk peralihan penyiaran analog ke digital pada 17 juni 205. Negara-negara maju di Eropa dan AS sendiri bahkan telah menghentikan siaran analog (analog switch – off) untuk beralih ke digital. Indonesia harusnya juga tidak boleh ketinggalan.

Acara diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari mahasiswa dari berbagai Universitas di Banda Aceh . Acara dibuka langsug oleh dekan Fisip Unsyiah . dalam sambutannya, Hizir mengatakan bahwa kegiatan seminar nasional tersebut sekaligus menjadi pembuktian bahwa FISIP Unsyiah mrmiliki nama besar ditingkat nasional. Karena sebelumnya pada akhir september lalu FISIP juga baru menggelar Kongres Himapol se-Indonesia di tempat yang sama.

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya